Segelintir Kehidupan Pejuang Pangan: Jutaan 'Kebetulan' yang Indah

Total Tayangan Halaman

Rabu, 02 Juli 2014

Jutaan 'Kebetulan' yang Indah

Saat ini tepat dua tahun tiga minggu sejak gua diterima secara resmi menjadi mahasiswa Ilmu dan Teknologi Pangan IPB. Tidak menyangka waktu bergulir begitu cepat. Kalau diingat kembali waktu itu adalah masa paling bahagia yang pernah gua alami. Sejujurnya gua ga pernah punya niat untuk masuk ke jurusan ini. Kalau gua kilas balik dari kecil gua ga pernah punya cita-cita yang jelas, yang gua tahu gua ga pengen jadi dokter dan segala macam yang ada hubungannya dengan kedokteran. Bahkan ketika gua SMA, gua masih belum bisa menentukan jalan hidup gua arahnya kemana. Waktu itu yang pasti prinsip gua adalah no medical no technical. Sampai saat kelas XII, dimana orang2 udah pada sibuk mikirin strategi buat kuliah, sedangkan gua belum mikirin apa-apa, yang ada gua malah jadi setan buat temen2 gua. Sebagian orang pada sibuk mikirin bimbel, sedangkan yang gua lakukan sibuk mempengaruhi temen2 gua biar ga bimbel.. haha.. jahat emang. Gua selalu bilang "ngapain kalian bimbel toh nanti kalian ujian sendiri, paling nyesel kalo kalian lulus undangan". Setelah gua sadari kata-kata gua ini adalah kata-kata paling brengsek yang pernah ada. Buat orang kaya gua yang untung2an bisa lolos lewat SNMPTN undangan yang kalo lewat tes pasti ga lolos karena ga pernah punya persiapan, setelah melihat perjuangan teman2 gua yang dengan penuh tekad buat ikut ujian tulis baik lewat SNMPTN ataupun mandiri dan denger cerita2 mereka bagaimana tegang dan penuh tekanannya hidup mereka saat itu, gua baru nyesel pernah ngomong kaya gitu.


Back to the topic, saat itu gua cuma kepikiran buat masuk jurusan yang bakal banyak itung2annya, karena dari dulu yang gua bisa cuma itu, kaya jurusan matematika, statistika atau akuntansi, nah berhubung matematika dan statistika itu ilmu murni yang pasti, so gua mengurungkan niat awal gua dan memilih untuk mengambil jurusan akuntansi di suatu universitas terkemuka di Indonesia, biasa disebut dengan awalan U dan akhiran I. Ga tahu kenapa orang tua gua ga pernah setuju kalau gua ambil kuliah disitu, tadinya gua pengen sembunyi2 aja ambil itu, tapi gua takut ga berkah karena tanpa restu orang tua sayang, aku rela abang bawa pulang, akhirnya gua ajuin proposal ke orang tua masih dengan jurusan yang sama tapi di univeritas lainnya yaitu universitas patih majahapahit, anehnya orang tua gua setuju. 

Sampai detik2 menuju pendaftaran undangan, gua masih memegang teguh hal tersebut, sampai suatu ketika seorang kakak kelas gua yang berkuliah di Institut hari pahlawan, bilang gini "ngapain udah sibuk2 kuliah IPA malah ambil IPS, ngambil jatah hidup orang lain, mending ambil teknik, teknik juga ada itungannya". Awalnya gua sebodo amat dah apa kata dia, tapi lama2 makin banyak yang bilang kaya gitu termasuk seorang sahabat gua waktu SMA yang berjurusan IPS, dia dengan sinis bilang, "iya, kamu kan enak, IPA bisa seenaknya aja jajah anak IPS". Waktu itu justru yang terpikir oleh gua, apa yang salah dengan kita anak IPA yang masuk IPS, dan apa enaknya coba, emangnya kita dapet prioritas lebih.. kayanya kita punya jatah masing-masing, tadinya gua pengen bilang "yaudah kamu aja yang ambil jurusan kedokteran atau teknik, jajah deh tuh anak IPA" tapi takut nyinggung perasaan doi. Usut punya usut ternyata temen gua ini pengen banget ambil jurusan yang sama di univ yang sama dengan gua. Okelah, dari situ gua pikir, yaudah kasih kesempatan deh buat dia. Kesannya gua ke-PD-an gitu yah, kaya kalau gua daftar, pasti gua yang keterima, padahal (FYI) kelas X gua cuma peringkat 31 dari 40 siswa dan kelas XI gua peringkat 37 dari 37 siswa, haha, ironis bukan.. tapi syukurnya nih waktu pengumuman siswa yang bisa ikut undangan yg diambil adalah 50% terbaik sekolah bukan kelas, dan untungnya juga yg diambil cuma nilai yg di-UN-kan. Tuh.. masih bisa belagak ga ada persiapan segala, padahal kalo ga gitu gua ga bisa undangan, ga lulus, artinya harus tulis, sedangkan gua ga punya persiapan apapun. Sekarang baru deh bersyukur....

Nah balik lagi, lalu kenapa gua bisa ambil ITP IPB, setelah gua relain itu akuntansi *GM, gua kepoin beberapa jurusan yang masih ada hubungannya sama itung2an, kenapa gua kepoin jurusannya bukan univnya, karena kalo buat gua, yg penting bukan univnya tapi jurusannya, apaguna kalau lu kuliah univ paling keren tapi jurusannya ga sesuai minat bakat lu, ya gak? Nah waktu itu kepolah gua dengan jurusan statistika, dan yg gua temukan, statistika terbaik adalah yg pemerintah ada ST*S dan PTN-nya ada Statistika IPB. Dari sinilah mulanya, waktu itu gua juga daftar ST*S dan mulai kepoin Statistika IPB, karena keponya gua dengan statistika IPB waktu itu tanpa sengaja gua menemukan sebuah link yang gua lupa link-nya, menyebutkan kalau salah satu kompetitor anak statistika dari IPB adalah anak tekpang alias teknologi pangan. Menemukan hal ini gua sempat kaget, karena pertama kalinya tahu ada jurusan semacam ini teknologi tapi kok pangan... terdengar lucu awalnya, sampai akhirnya gua kepoin lebih lanjut ini jurusan, tapi ga banyak informasi yang gua temukan, cuma tahu jurusan ini  salah satu jurusan yang masuk fakultas teknologi pertanian di IPB. Entah mengapa dengan info seminim ini, bisa menghancurkan prinsip awal gua yang ga pengen kuliah di bidang teknik, emang sih beda antara teknik dengan teknologi tapi keduanya saling bersinggungan kan... Alasan paling simpel yang terbilang konyol, cuma karena baru tahu ada jurusan ini dan namanya terdengar lucu. Mungkin buat orang lain yang udah dari awal pengen masuk sini dan berjuang keras waktu tahu alasan gua bawaannya pengen nimpuk pake batu kali ya....

Alhasil gua daftar lah di ITP IPB tepat di detik2 terakhir penutupan pendaftaran SNMPTN Undangan, itupun gua daftar pake laptop temen gua di rumahnya selagi latihan drama buat ujian praktek kesenian. Kabar orang tua? Nah beberapa hari sebelumnya orang tua gua emang sempet nanya, apakah gua masih pengen masuk akuntansi atau ga, terus kalau ga... mau masuk mana, kebetulan saat itu ada temen orang tua gua yang kerja di pemerintahan dinas pekerjaan umum, terus dia bilang katanya anak kaya gua cocoknya masuk teknik sipil, ebuset, yang terpikir waktu itu ama gua adalah, sok tau banget nih om-om... haha, tapi gua jadiin kesempatan ini buat  nyampein niat gua ke orang tua, lalu gua bilang "Imam ga jadi ambil akuntansi, terus emang pengen ada yang agak teknologi gitu, tapi bukan sipil, di IPB ada tuh namanya teknologi pangan". Respon orang tua gua saat itu adalah kaget dan sempet ngelarang, melalui proses negosiasi akhirnya orang tua gua menyetujui tapi syaratnya adalah univ pilihan kedua gua harus di daerah asal orang tua gua yaitu Sumatera Barat alias Universitas A******. Mau ga mau gua menyetujuinya, bukan bermaksud meremehkan univ tersebut, tapi karena gua emang ga pengen. Nih sekata gua dapet disitu tapi hati gua ga niat, belum tentu gua menjalaninya dengan ikhlas, tapi apa boleh buat demi direstui daftar ITP yang padahal gua belum tahu isinya, gua turuti aja.

Sampai detik2 mau pengumuman gua baru sadar, orang tua gua ga izinin gua ambil IPB karena mereka khawatir gua ga lulus, karena pandangan orang tua gua, IPB itu susah masuknya. Sejujurnya ini pandangan yang beda banget sama orang kebanyakan yang bakal ngeremehin IPB karena status 'pertaniannya'. Mereka bahkan bilang "yaudah ga usah terlalu dipikirin, kalo ga lulus, juga kita ga marah kok", padahal gua ga pernah kepikiran kaya gitu bahkan gua enggak tahu kenapa, masih pegang ke-PD-an gua, dan dengan yakinnya gua selalu bilang sama orang tua gua "ga kok, Imam pasti lulus". Gua seneng karena orang tua gua ga termasuk orang kolot yang bakal mikir IPB kerjanya pergi nyangkul ke sawah, berkutat dengan lumpur, hidup di perasingan dan daerah pinggiran (yg ini sih nyata), tapi gua juga sedih, orang tua gua aja meragukan gua.  Sampai suatu ketika beberapa minggu sebelum pengumuman undangan pengumuman ST*S keluar, dan yang ga gua sangka, gua lolos ke tahap berikutnya. Orang tua gua langsung semangat tuh waktu tahu gua lolos, karena emang dari awal orang tua pengen gua jadi PNS, padahal masuk ST*S ga selamanya jadi PNS. Setelah itu saat pengumuman undangan, gua udah degdegan ga sabar nunggu hasilnya, bukan karena takut ga lolos, tapi takut lolos di pilihan kedua... haha.. pas gua lihat pertama ada tulisan selamat anda lulus... gua seneng tuh... lihat lagi lolos di IPB gua langsung teriak kegirangan apalagi pas liat tulisan prodi teknologi pangan gua langsung lompat-lompat sambil teriak2 di depan laptop.

Malamnya orang tua baru cerita kalau ada tante gua yang tinggal di Bogor dan dulunya lulusan IPB, pantesan mereka tahu tentang IPB, padahal sebelumnya mereka ga ijinin juga dengan alasan jauh, dan ga ada saudara, ternyata... Saat itu juga mereka telfon tante gua itu, yang ternyata suaminya juga lulusan IPB, saat bilang gua masuk jurusan teknologi pangan si tante gua bilang gini, "wah TPG (nama sebelum ITP), itu sih jurusan paling bagus di IPB, hebat, selamat ya", orang tua gua cuma senyum dan bilang "oh ya?". Dari situlah orang tua gua mulai sedikit bangga dan agak rela melepas gua. Di lain tempat, om-om gua yang masih kolot kalau tanya masuk mana? dan gua bilang di IPB, pertanyaan pertama yang ga pernah berubah adalah "T atau P?" dan selalu setiap kali gua bilang Bogor jawabannya "oh...". Hal ini bahkan pernah kejadian waktu gua udah masuk di IPB dan waktu itu ikutan acara di gedung DPR, seorang pejabat nanya ini dari mana? lalu kita bilang IPB jawabannya seperti biasa "oh..." dan di sebelah kita ada anak beralmamater kuning, ini dari mana? mereka jawab U* dan si pejabat ini bilang "wah...". Ngeselin ga sih.. sampai acara udah mau kelar baru beliau tanya IPB-nya jurusan apa? kita jawab Teknologi Pangan dan seketika wajahnya berubah jadi ramah dan senyum yang melebar "wah... kalo itu sih bagus". Yang ada di otak gua saat itu adalah ini orang ga konsisten, cuma ngeliat dari suatu sudut pandang dan fanatik munafik, mungkin karena dia orang partai pikir gua.

 Oke balik lagi, meskipun banyak orang yang meremehkan gua masuk IPB, beda halnya dengan guru-guru di SMA gua, yang ga tahu kenapa tiba-tiba jadi pada baik banget ama gua waktu tahu gua dapet ITP IPB, semua sibuk ngasih nomor telpon dosen ITP yang mereka kenal, ngucapin selamat dan mendadak semua guru jadi berasa akrab ama gua, padahal biasanya biasa2 aja malah keitung ga peduli, bahkan kepala sekolah gua ikutan semangat. Ternyata gua adalah siswa dari SMA gua yang pertama lulus di ITP IPB dan kata guru gua itu susah banget buat lolosnya. Disitu adalah salah satu kebahagian terbesar gua masuk di ITP. Sampai saatnya tiba gua harus ke IPB dan saat itu gua udah buang kesempatan gua di ST*S, karena dari awal gua emang ga terlalu niat disitu dan gua pikir kemungkinan masa depan gua akan lebih luas kalau gua di ITP dibanding ST*S yang setuju atau tidak, menurut gua cuma punya satu arah hidup yaitu ga jauh2 dari data, sedangkan kalo di ITP gua bisa jadi scientist, jadi pengusaha, jadi pengembang produk, bisa jadi supervisor dan masih banyak lagi.


Ini bukan pertama kalinya gua datang ke IPB, sebelumnya saat study tour SMA gua juga datang berkunjung ke IPB. Diingat lagi IPB menjadi univ yang menyambut kami dengan paling ramah saat itu. Tapi kini sudah banyak yang berubah dengan IPB. Kalau gua ingat saat itu masih banyak pepohonan rindang, namun kini menjadi gedung baru yang disebut CCR yang kemudian gua ketahui adalah gedung tempat kuliah gua setahun pertama. Saat itu gua bangga setengah mati berada di antara ribuan anak se-Indonesia dengan budaya dan karakter yang berbeda. Pendaftaran saat itu dilakukan di gedung CCR yang tadi gua sebutkan, dan kita daftar per jurusan. Waktu itu kita satu kelas untuk anak ITP dan TMB (Teknik Mesin dan Biosistem). Orang yang pertama gua kenal saat itu adalah seorang mahasiswa TMB yang  berarti dari fakultas yang sama dengan gua yaitu FATETA (Fakultas Teknologi Pertanian) bernama Dominicus Abbel. Saat masuk ke ruangan gua melihat ke barisan di kanan semuanya adalah laki-laki, waktu itu hanya ada seorang perempuan disitu, itulah alasannya gua pikir laki-laki harus duduk di kanan.. haha.. saat melihat ke kiri 4/5nya adalah perempuan. Hingga akhirnya gua harus pindah duduk di barisan kiri setelah diberi tahu oleh seorang yang kayanya kakak tingkat, bahwa kalo anak ITP masuk barisan kiri sedangkan TMB di kanan.Saat itulah gua menyadari ada yang aneh dari dua jurusan ini hahaha. Gua duduk di sebelah seorang cewek  berbaju pink yang akhirnya gua berani sok akrab setelah melihat mapnya yang diberi nama AA Khaniya Laksmi W. Melihat nama depannya 'AA' (Anak Agung) gua pikir dia berasal dari daerah yang sama, jadinya dengan PD-nya gua tanya "dari Bali ya?" dia cuma jawab "iya, tapi rumah di tangsel". Sesaat gua jadi canggung dan cuma memperhatikan orang disekitar gua, ada Novia Betrisia, gua tahu namanya karena dia kenalan denga Khaniya, lalu di depannya ada anak Bogor yang bernama Inas Suci yang terlihat sangat lucu untuk ukuran anak kuliah, lalu di paling depan ada beberapa anak yang sebelumnya sudah gua kenal melalui grup facebook "Tekpang49 IPB". Iya.. bahkan sebelum ketemu di dunia nyata kita udah kenal di dunia maya.. dan lucu memang ketika ketemu langsung jadi canggung dan ga begitu mengenali beberapa dari mereka karena berbeda antara dunia maya dan kenyataannya.. haha...

Ilmu dan Teknologi Pangan IPB 49

Meski awalnya sempat merasa salah jurusan karena banyak mata kuliah tentang kimia dan biologi (awalnya), namun belakangan lebih banyak tentang fisika, hitung mengitung dan sedikit dasar tentang teknik dan industri serta managemen, namun berada di tengah departemen yang kece parah dengan dosen-dosen yang profesional dan keren-keren serta teman-teman, kakak tingkat dan adik tingkat yang berprestasi menjadi kebanggaan tersendiri meski butuh usaha dan perjuangan yang sangat keras untuk mampu bertahan di jurusan ini. Teman2 gua sebagian memang adalah hasil 'lemparan' dari univ lain. Banyak sekali yang mendapat ITP sebagai pilihan kedua dan sempat merasa tersasar seperti halnya gua. Seperti seorang teman gua yang dari awal ingin masuk FK *I, tidak lolos undangan, tidak lolos tulis, dan sempat terpuruk namun akhirnya lulus di ITP IPB dan ternyata kini menjadi master sekaligus dewa bagi kami.  Namun tak jarang ada yang berhasil menjadi bagian ITP setelah melalui proses yang panjang dengan segala macam perjuangan dan sempat putus asa, inilah yang menjadi motivasi tersendiri buat gua untuk terus bersyukur bisa dengan sedikit kebetulan bisa masuk dengan mudah padahal ada teman yang sangat ingin masuk ITP dengan berbagai perjuangan namun tidak berhasil meski akhirnya masih berada di univ yang sama dengan gua yaitu IPB. Meski demikian gua harus akui semua anak ITP IPB itu sangatlah istimewa (bukan karena gua bagian dari ITP yahtapi memang begitulah kenyataannya), kalau bisa dibilang kita itu kumpulan anak-anak terbaik se Indonesia hahaha. Eh, benar saja looh, nyatanya pernah kita survei (iseng2 sih), jadi semua anak ITP, 49 khususnya, minimal adalah juara 1, 2 atau 3 saat SDnya (kenapa SD yang jadi acuan? karena kyang paling gampang wkwkwk). Bahkan kalau dibandingkan dengan anak jurusan lain di IPB (mohon maaf sebelumnya bukan bermaksud apa2), kita punya kemampuan lebih, tapi selalu terlihat bukan apa-apa, karena di jurusan kita sendiri dipenuhi dengan anak-anak cerdas.

Disinilah "Segelintir Kehidupan Seorang Pejuang Pangan" dimulai... kalau diingat lagi dua tahun lalu rasanya merinding saat pertama kali menginjakkan kaki di IPB, saat pertama kali menyanyikan Hymne IPB yang bikin bulu kuduk gua berdiri dengan tegaknya, pertama kali diantarkan seorang diri oleh ayah lalu ditinggal pergi, pertama kali menginjakkan kaki di asrama, pertama kali kuliah dengan penuh semangat, pertama kali berkenalan dengan orang-orang super di IPB, ITP khususnya, dan berbagai peristiwa pertama kali yang begitu menegangkan. Rasanya malu kalau melihat diri yang saat ini, yang hanya bisa bermalas diri, berfoya-foya, bersantai, dan buang waktu. Perjuangan yang dialami selama ini bukan hal yang mudah, semua berjalan dengan takdir Tuhan yang begitu indah, meski terlihat sederhana karena masuk kesini dengan jalur undangan, namun banyak hal yang kalau kita sadari sangat kebetulan. Seandainya dulu gua tidak bersekolah di SMA yang sama, belum tentu gua dapat kelas yang sama, belum tentu dapat nilai yang sama, belum tentu bisa ikut undangan, belum tentu bisa lulus undangan, belum tentu lulus di IPB apalagi ITP, belum tentu saat ini masih bertahan disini dan mungkin tidak akan mengenal orang-orang hebat yang saat ini gua kenal... jadi mungkin semangat saat 'pertama kali' itu yang harus dibangkitkan lagi...... dan siap dijadikan pendorong melanjutkan segelintir kehidupan pejuang pangan dengan akhir yang lebih bahagia tentunya tanpa kita tahu 'kebetulan-kebetulan' apalagi yang direncanakan oleh sang pencipta... dan berharap suatu ketika dapat berdiri seperti pada foto sebagai graduated food technologist. Seorang teman pernah bilang "Gak perlu nilai yang tinggi,kampus itu soal kehidupan dan sarjana itu cuma formalitas!!". Iya... nilai tinggi itu ga begitu penting yang penting adalah nilai hidup yang kita peroleh dan sarjana akan menjadi sekedar formalitas jika yang dicari statusnya, tapi akan bermakna jikayang diambil adalah usaha yang kita lakukan untuk memperolehnya.

NB: oh ya, saat di asrama, gua baru tahu kalau NIM (Nomor Induk Mahasiswa) kita itu menunjukkan urutan penerimaan di IPB. NIM gua yaitu F24120081 artinya keterima di ITP di urutan ke-81, awalnya ga percaya, karena yang gua tahu yang bakal keterima di ITP IPB hanya 75. Tapi ternyata tidak, ada 88 anak yang diterima, artinya gua hampir saja tidak diterima di ITP IPB. Inilah "kebetulan" lain yang diberikan kepada gua.



1 komentar:

  1. kalau boleh tau kak, dulu waktu snmptn nya rata rata nilainya berapa ya? terus apa masukin sertifikat juara? terimakasih, salam camaba ITP IPB hehe. aamiin

    BalasHapus